Share on MyspaceSubmit to StumbleUponShare on Tumblr

Air Terjun Kakek Bodo berada di ketinggian 850 m dpl dan memiliki terjunan air sekitar 40 m. Air terjun ini berada di kawasan wisata Tretes di lereng Gunung Welirang di pegunungan Prigen, Jawa Timur, tepatnya dalam kawasan hutan lindung di RPH Prigen, BKPH Lawang Barat, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pasuruan.

Di kawasan ini, keberadaan air terjun Kakek Bodo tidak sendirian. Ada tiga air terjun lainnya yang bisa ditemui dalam perjalanan lintas hutan di kawasan wisata andalan Jawa Timur itu, masing-masing adalah air terjun Alap-Alap dengan ketinggian 30 meter, Putuk Truno dengan ketinggian 45 meter, dan Sengguruh dengan ketinggian 30 meter.

Legenda

Di beri nama Kakek Bodo karena mengisahkan seorang kakek yang di sebut dengan kakek yang bodoh (bodo). Menurut cerita penduduk setempat “Kakek Bodo” dahulunya adalah seorang pembantu rumah tangga keluarga Belanda. Dia seorang yang saleh dan jujur. Dia meninggalkan keluarga Belanda tersebut untuk mensucikan diri meninggalkan masalah keduniawian dengan bertapa. Karena sikapnya ini keluarga Belanda yang ditinggalkannya menyebutnya sebagai kakek yang bodoh (Kakek Bodo).

Berkat bertapanya sang kakek memiliki kelebihan/kesaktian yang digunakan untuk membantu masyarakat setempat yang meminta pertolongan. Kakek Bodo meninggal di tempat bertapa. Makamnya sampai sekarang dikeramatkan oleh penduduk setempat dan banyak dikunjungi para pejiarah dari berbagai kota besar. Menurut sang juru kunci, makam Kakek Bodo juga sering dikunjungi para pejabat dan pembesar.
Lokasi

Terletak di Desa Tretes, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur.

Peta dan Koordinat GPS: 7°41’51″S 112°37’41″E

Aksesbilitas

Berjarak sekitar 51 km dari Surabaya ke arah Malang atau dari Malang dengan jarak tempuh 70 km. Untuk menuju Air Terjun Kakek Bodoi sangat mudah, karena lokasi ini termasuk tujuan daerah wisata yang sudah dikenal dengan sebutan Tretes.

Bagi pengguna kendaraan umum, dari Surabaya naik bus jurusan Malang atau sebaliknya dengan ongkos sekitar Rp. 5000, turun di Pandaan dan dilanjutkan naik minubus berupa Izusu L300 ke jurusan Tretes. Kendaraan yang menuju kawasan wisata Tretes ini akan berhenti di pertigaan Pasar Buah Tretes. Ongkos minibus berkisar Rp.5.000 – Rp 7 500 per orang. Selanjutnya turun di depan hotel Tanjung.

Ada tiga pintu masuk menuju air terjun ini. pintu satu (melalui Candi Jawi) dan dua (Taman Safari II Prigen) adalah pilihan terdekat untuk langsung menuju lokasi air terjun. Namun bila ingin menikmati jalan yang lebih jauh bisa masuk pada pintu tiga yaitu tepat di belakang hotel Surya. Umumnya yang melewati pintu tiga adalah para pendaki gunung Welirang atau gunung Arjuna dan yang berkemah, karena lokasi ini adalah termasuk bumi perkemahan yang digunakan untuk kegiatan berkemah.

Tiket dan Parkir

Tiket masuk adalah Rp 4000/orang,

Fasilitas dan Akomodasi

Fasilitas yang tersedia antara lain shelter, tempat bermain anak-anak, musholla dan warung-warung kecil penjaja makanan. Juga terdapat kolam renang dengan tiket masuk sebesar Rp 3.500,- /orang dulu, dan bumi perkemahan.

Di lokasi wisata Tretes ini nanyak terdapat hotel dan vila-vila yang disewakan untuk menginap.

Sumber : Our Family Blog

http://sites.google.com/site/wisataairterjun/jawa-timur/air-terjun-kakek-bodo—pasuruan


Incoming search terms: